Thursday, March 29, 2018

Lagi menggeluti hobi gaya hidup "HEMAT"

Selamat sore..
Uda baca judul..?  Hahha..  Ngeri ya mamak luna hobi baru nya anti maenstream.. Cung donk ah yg juga menjalani gaya hidup ini *jiaaaa
Eeeiitss MEMANG HEMAT ITU HOBI??
Setelah kemarin2 itu hobi jajan.  Hobi diy. Hobby gosip, hahha... Lalu Hobby photo sekarang kok ya lagi menekuni hobi hemat..
Kenapa mak gk da duit???  Hahha *ngetawain diri sendiri..

Setelah berapa taun bekerja dan mandiri, 2 tahunan jadi istri.  Trus jadi emak. Lah kenapa kok baru sekarang melirik "hemat"? dulu kemana aja??
Jgn diketawain lo..mamak lg serius ini.. Support kek..
Mamak merasa baru mendapat hidayah dlm sebuah teguran yg dibisikin Allah langsung k hati emak. Aiihh..syahdu gak tuh..
Allah tu kayak ngomong gini " wid..  Ada duit ??  Banyak yg mau dibayar lagi?? Banyak lg baju yg mau di PO?? Mau jajan apa lg??   Kok santai bener! !  Belanja trus iihh..
Dikurangi dulu ya jatah nya..  Bisa gk klo atur lebih baik. Atau masih mau belanja yg g penting g???
Tenang ini g sulit kok..  Tinggal kamu pintar menyikapi nya..

Oke honestly Jadi saat ini sebenernya saat yg bener2 berpikir. Sebenernya krn mungkin ada satu hajat yg kita inginkan tapi ternyata kita g bisa wujudkan. Karena setelah disadari kita mmg belom mampu. Tapi ngebet banget.. Y sebenernya ngebet juga dibarengi ikhtiar.
Dan akhir nya terpaksa mau g mau ini g bisa di ada2in.  Kita bener2 ngaku kita belom mampu. Kita ditegur sama Allah
Tadinya sudah adalah separoh dana dari hajat itu..  Namun ternyata ada kebutuhan yg harus dibeli,  dan bbrp yg g perlu dibeli. Yg sebenernya kita g punya itu g bakal mati dan dijauhi org. Atau seperti sebuah pemborosan tepatnya.
Dan dari situ sadar..  Sombong nya si wiwid ini ternyata ..
Iya cuma bisa ngatain diri ini sombong..
Sebenernya apa sih yg diikuti??
Sapa sih yg diikuti???
Gaya hidup itu seperti yg ud dipesenin mama aja deh wid.. liat kebawah jgn keatas dr dlu selalu begitu!!

Tapi ywda g mau nyalain yg ud terjadi. Y gimana mungkin dlu keenakan bisa beli apa ja yg dimau jadi otak nya gak dewasa.

Fine..  Sebenernya yg indah dari proses ini adalah ttg ikhlas dan sabar.  Dlu walau g ada g pernah merasa takut. G pernah merasa was2..  Slalu berpikir ntar ada loh..
Tapi kali ini Allah selipin rasa yg lebih dewasa. Sehingga g mau tlalu kasih ekspektasi lebih jauh dan menjadikan pribadi ini slalu santai dan g mikir ke depan,kali ini sungguh saya g bisa takabur melihat yg belom pasti.
Saat ini lebih realistis dan mikir nya rencanaa kedepan. Gak boleh diabis2in utk hal gak penting.  Harus ditabung dan dhemat utk masa depan.  Serta slalu mengedepankan berbagi dan yang paling harus di underline,  distabilo dan dibuletin pake spidol yaitu Bersyukur..  Karena batas rejeki yg bnyak atau sedikit pun akan berasa cukup jika kita bisa bersyukur... Mencukupkan...

Jadi apa aja yg di hemat ni sama mamak luna??
Ayo tebak apa ya??

- mamak jadi memasak
Jadi sebenernya krn mamak terlalu sibuk. Cari duit kemarin 2,  menjadikan mamak g pernah masak. Sesekali doang.. Sehingga bisa dibayangkan satu hari kita ngabisin berapa duit.
Anggap aja berdua makan nasi padang ama diddy klo biasa 2 aja kita bs ngabisin 30k.  Belom lagi beli sup luna. Nah trus klo malam gitu juga. Ya klo cuma makan bakso abis 30k.  Klo mau makan pecel lele y hampir segitu juga *ini klo beli bawa pulang ya.. * lah klo kita makannya nongkrong disana 50k bisa jadi. Jadi itungan nya sehari makan yg g maem 2 bisa hampir 100k.bayangin..
Sekarang 100k di hemat bisa loh buat makan 2 or 3 hari..  Kan amazing tu...
Mamak terpaksa masak. Y enak g enak..  Karena sebenernya mamak n bapak luna itu makannya g susah.  Telur dadar aja ud nikmat.  Tp kdg nafsu yg laper itu yg bikin boros.
Ya sekarang hikmahnya mamak suka liat resep cookpad dan ikut buat akun cookpad. Hahahaha..

- jajan
Ini nih.  Yg paling2 juga  klo diikuti jajan mah bs lebih gede dr biaya pokok makan nasi.  Ih..  Mmg jajan apa wiwid??
Huuft..  Bnyak kuliner baru di Pekanbaru.  Gorengan enak..  Es Seger 2,  trus cemilan unik.  Mamak luna kan mau coba juga.. Laper mata.. Masa gak cobak
Biar apa??  Biar kekinian  gitu?? Nah.. Nah...
Gak. Lah biar tau rasa nya.  Wong mamak suka kok. *ngelesss
Ya tapi you know lah.. Terkadang yg home made harga nya lebih mahal kan..
Jd skrg siasatinnya gmn??
Biar g berhenti Ngunyah tp ekonomis mamak skrg nyetok tepung2an (mulai dari ga dua.  Ketan.  Kanji.  Tepung instan) , gula merah,  coklat,  agar2 dan yg penting ada sayuran wortel, kol dan daun seledri juga bawang.  Jadi bgitu pgn makan mamak buat bakwan kuah,  buat cimol,  cilok, cireng,  brownies.
Ohya minuman juga..  Bisa bikin milo jelly sndiri.  Es doger seger.
Pokoknya ttp Ngunyah dan hemat.

- shopping
Jujur hampir setahun ini lg suka bgt belanja online apalagi baju.  Krn nemu bbrp clothing Line yg kyk nya gua bgt.  Jd bbrp kali suka PO dan beli. Tapi parahnya mereka sebulan bs 2x. And then saya menyukai ada bbrp clothing Line baju. kisaran harga mmg sih masih kisaran 100k-250k yg saya mampu beli.  Tp klo ud ke ikut nafsu setan..  Sebulan 2x  or 3x aja  bisa berapa??

Terus sya liat lemari baju.  Ya allah baju emak bnyak lo.
Kerja gak.  Mau dipake buat kemana??  Buat koleksi klo punya baju merk tertentu  gitu??
Mau hangout kmn sih??
Dan disitu akhirnya.. Okey punya bbrp baju juga uda cukup .  Karena disadari paling mobile kmn sih?? Kan g perlu keren 2 bgt.  Klo dibilang bajunya Itu2 aja y gpp *lagian sapa yg mau julid* yg penting bajunya bersih dan ditolak rapi..  Hahha..
Jadi disitu akhirnya skrg klo lg buka insta gram dan melihat Mereka sudah nunjukin produk baru *apalagi ini mau lebaran* mamak cuma bisa pura2 g liat dan ikhlas sambil makin Belom saatnya wid...  Hahaha..

Yang jelas ini bukam curcol lg gak punya duit
Ini tentang hal mendasar yg harusnya saya uda pahami dari dulu
Tapi semoga gak terlambat buat saya untuk memahami yg terjadi sekarang ini sebagai teguran.

Ternyata gak pedih2 amat berhemat,  berhemat juga bukan nahan selera trus jadi pelit kok..  Cuma agak sedikit nge. Rem trus diganti ama yg lbh ekonomis dan menahan yg gak perlu dibeli..

Yang jelas ini smua malah bikin hubungan ama suami makin dekat.  Krn kita lbh sering ngobrol dan saling menghargai semua2 nya..

Dear diddy luna untuk semua keringat mu terimakasih...
Semoga kita makin mengerti tentang kerja keras demi keluarga kecil kita ini..
Ikhlas dijalani dan selalu bersyukur

No comments:

Post a Comment

silahkan berbahasa...