Tuesday, March 27, 2018

Dilema Kontrasepsi Emak Luna

Ini sudah minggu ke dua mens mamak luna belom juga berhenti. Dan ini bulan kedua mamak alamin ini  setelah januari lalu memilih suntik KB per 3 bulan sama bidan kesayangan yg bantu lahiran dulu.
Tadinya sih g mau KB dulu krn jujur rasa takut nan lebay yg kembali datang menggelayut manja di mindset  mamak yg uda setahun setengah pasca lahiran dan trauma jarum dkk datang kembali.
Tadinya disarani mama dan adikku buat pake spiral gitu. tante bidan jg blg begitu. Tapi ntar deh siapin mental dulu apalagi proses suntik nya dilakukan jam 7 pagi sebelum jam 8 berangkat k Pekanbaru. Ya. Mamak luna cari yg cepet aja..  Hehehe
Tapi sekarang setelah 2 mingguan masih juga halangan jd berpikir utk kembali menukar kontrasepsi nantinya.
Coba browsing tentang pengalaman yg lain ternyata bahkan ada yang satu bulanan loh..  (widiiw lebih lama dari saya ternyata... Ternyata mmg begitu efek samping nya..)

...........

Nih mamak luna coba nulis2 kembali bbrp hal yg terjadi dan efek samping dari KB 3 bulan.  Semoga bermanfaat.

- Gangguan menstruasi atau haid. Baik berupa pemendekan siklus haid atau malah memanjang, perdarahan yang banyak saat menstruasi atau malah sedikit, spotting (ngeflek), bahkan ada yang tidak mengalami haid sama sekali (amenore).
- Cendrung mudah gemuk, efek samping penambahan berat badan ini yang paling sering ditakuti oleh ibu-ibu. (saya sih gak...stabil aja nih.. hehehe )
- Setelah suntikan dihentikan, kesuburan akan kembali dengan lambat.
- Perubahan lipid serum (kolesterol) menjadi tinggi pada penggunaan jangka panjang.
- menurunkan densitas atau kepadatan tulang pada penggunaan jangka panjang.
- Pada penggunaan jangka panjang juga dapat menurunkan libido, pengeringan vag*na, gangguan emosi, sakit kepala, sering gemetar, dan timbulnya jerawat.(wadooow mamak kok jadi takut ya..  Gamau Gamau Gamau...)

........................

Berkenaan dengan efek samping KB suntik 3 bulan KB suntik seringkali menimbulkan gangguan haid (amenore).
gangguan haid ini biasanya bersifat sementara dan jarang sekali mengganggu kesehatan.
Efek samping seperti peningkatan berat badan, sakit kepala, dan nyeri payudara. Sebenarnya jarang terjadi, tidak berbahaya, dan akan cepat hilang. Karena kembalinya kesuburan terjadi lambat,
maka sebelum penggunaan berkonsultasilah terlebih dahulu jika ingin merencanakan kehamilan dalam waktu dekat.
Ketika suntikan dihentikan, menstruasi tidak segera datang. Umumnya haid datang setelah 6 bulan. Selama tidak haid itu, bisa saja terjadi kehamilan. (mesti waspada ini) Oleh karena itu, jika setelah 3-6 bulan tidak haid juga, maka harus kembali ke dokter untuk mencari penyebabnya.
Apapun efek samping yang dialami selama penggunaan KB suntik 3 bulan dan membuat Anda khawatir sebaiknya langsung saja konsultasikan dengan bidan atau dokter Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber: Waspadai Efek Samping KB Suntik 3 Bulan - Mediskus dgn ubah2 sedikit seperlunya

................

Dan saat seperti ini knp mamak g bs nyantai kelamaan mens nya krn banyak hajat yg pingin dilakukan. Yg pastinya  bisa dilakukan klo uda bersih.
Ya pengen puasa,  pengen solat bareng ama aluna, pengen berenang (boong  aja nihh...)  dan maybe pengen cuddle ama diddy luna juga kali yaa.. *kedipkedip manja... Hehhehe (sebagai istri kan mikirnya harus ke bapaknya juga..  Hahahhahahaa...But ini Last reason kok... Piss diddy )

Ada buibu,  bunda dan moms yg alami juga kah??

No comments:

Post a Comment

silahkan berbahasa...