Thursday, August 11, 2016

FAKTA MELAHIRKAN ANAK PERTAMA by wiwid



1. Tanggal 9 , sholat  magrib di mesjid ketemu temen mama dan nayain "lo kpn mau melahirkan?? uda ada tanda tanda wid ?? " dijawab nya belom ada. eh trus si bulek nyeletuk, ntar malam lahir nih...katanya sambil elus perut...

2. jam 11 malam mulai merasakan mules. kirain biasa. setelah menghitung waktu dan konsisten 6 menit sekali, menyimpulkan ini adalah kontraksi


3. dirumah hanya berdua mama, papi lagi mandah kerja d luar kota dan suami rencana  baru sore besok pulang kesini

4. jam 11an pas pipis finally melihat darah.."wah... mau melahirkan kali ya.." 

pertama sih langsung nelpon suami nyuruh pulang sesegera mungkin.
Dan saat ini belom mbangunin mama, karena masih merasa baik2 saja.

5. menikmati kontraksi sendirian per 6 menit.

baru jam 2 bangunin mama, bilang klo kayaknya uda ada tanda2 melahirkan

6. karena hanya berdua mama panik dan akhirnya menelpon pakde dan bude

7. 02.30am mereka datang, dan mama kekeuh bawa aku kerumah bidan, padahal d hubungi bidannya, dan kata nya datang klo kontraksi nya per 2 menit

8. Datang kerumah bidan nya jalan kaki di malam buta tapi gak bangunin bidannya sampai jam 4 subuh dan akhirnya pulang lagi kerumah, karena aku merasa masih baik2 saja, mama terlalu parno, dan aku coba yakinin aku masih oke (ini part yg lucu menurutku...)

9. sempet sedih, binging dan kesel pas suami susah dapat angkutan pulang.
mikirnya aduuuh,,, ntar anaknya keburu lahir bapaknya gak ada gimana

10. terlalu geer melahirkan secepat itu, akhirnya jam 7 pagi, kerumah bidan lagi, pas periksa bukkan ternyata masih bukaan setengah.. ahhaha

11. kontraksi masih sama 6 menit sekali gak berubah dan kegiatannya ya muter2 rumah ketika kontraksi datang. karena dengan bergerak menghilangkan sedikit rasa sakit itu

12. jam 12 suami datang, istrahat bentar, siapin barang2 untuk bawaan dan jam 2 kita pergi lagi kerumah bidan

13. karena rasa nya belom kuat banget, jadi ya masih belom ditangani  sampe jam 5 sore, setelah cek, eh masih bukaan 4.
waww...kembali lah muter sana sini, trus nungging2 pas kontraksi datang.masih sambil becandaan dan membuat oranng tertawa tapi kontraksi saat ini rasanya uda mulai sakit dari sebelumnya..

14. jam 7 malam mulai terasa pengen pup. apakah sudah deket.??
let's cek dan ternyata bukaan 6. akhirnya dissuruh miring kekiri untuk mempercepat jalan bayi.
dan dibukaan 6 air ketuban belom pecah. dan saya pribadi sangat menhindari untuk dirangsang, mendengar pengalaman itu sangat sakit....

15. hampir jam 9 sudah bukaan 8..dan. mulailaah Berjuang mengeluarkan si malaikat dengan diawali memecah air ketubanku...

16. yang menemani diruang persalinan suami dan bude karena mama gak sanggup liat aku, jd dia izin nunggu diluar aja .its oke mom.. i just need your pray..

17. Akhirnya saya merasakan perjuangan seorang ibu. yang berada di antara hidup dan mati

dan buat yg lagi hamil dan menungu masa melahirkan easy mom.. insting kita akan membawa kita berbuat hal yang harusnya kita lakuin, jadi gak perlu panik saat mau melahirkan..

18. pas ngejan, walo gak boleh pejem mata, tapi keseringan matanya pejem, dan karena saya sedang berusaha melahirkan normal adalah kegiatan mengangkat kaki  dengan kedua tangan kamu sendiri hingga terkangkang nyata dan itu hal yang sedikit menyiksa

19. gak usah ngomongin sakit. sakit insyallah masih bisa di tahan, ALLAh pun akan memberi kita kekuatan, begitulah yang kulakukan. perbanyak istigfar dan menyebut nama ALLAH walo tanpa dipungkiri aku juga menjerit kesakitan walo sebenarnya itu dilarang karena akan menguras tenaga kita, tapi yaah bagaimana, walopun gak mau teriak atau merintih tapi itu kayak uda diluar kesadaran

20. ngerasa antara hidup dan mati?? Hmm.. saya lebih berpikir saya kuat untuk dan akan hidup untuk bayi ini.

21. fine..karena ngejannya kurang TOP, si adek bayi agak lama diperjalanan..
dan akhirnya walo bu bidan mungkin tidak akan digubting atau sobek untuk memperbesar jalan keluar anak, Akhirnya dia menyobek itu sayaa..hahha
Rasanya ..?? jujur gak sakit kok.. karena selain si ibu bidan  melakukan pas saya kontraksi, saya berpikir apapun yg penting adek bayi keluar..

22. hampir putus asa karena nafas mengejan saya yg kurang panjang,padahal kepala adek bayi sudah keliatan
saya disuruh merasakan kepala nya..mulanya saya gak mau, tapi ketika saya merasakan nya.. " Ya ALLAH anak ini sudah hampir tiba, ayo semangat wid..."
dan ketika saya sudah melihat kepala nya..saya bertekad sekuat tenaga untuk mengejan.biar dia keluar. dengan cara apapun, walopun nafas disambung2  dan bukan waktunya untuk gak mengejan

23. 22.25 akhirnya setelah kami berusaha keras bayi itu keluaaar....aku melihatnya dari celah pahaku..
oohh.. apa ittu?? itu kah dia yg selama ini berada diperutku..
aku melihat tali pusarnya.. dan aku melihatnya ditepuk kakinya karena dia belum menangis
benar semua rasa sakit itu  hilang hanya dengan melihatnya...

24. tapi semua belom berakhir..ya ALLAh dia terminum air ketuban ku yg uda menghijau karena terlalu lama di perjalanan
jika biasanya bayi yg baru lahir di pelukkan ke dada ibunya dan diberi IMD tidak dengannya. aku melihatnya disedot cairan ketuban..

ah..aku hanya bisa menatapnya.. tubuh kecil itu... tangisnya...
hanya dia yang aku khawatirkan, dia yang sedang berjuang di sebelah tempat tidurku.. nak..mommy ingin melihatmu..


25. satu masalah datang ketika ari2 atau plasentaku nyangkut di dalam gak bisa keluar secara natural dan harus dijemput
apa arti kata dijemput?? yaapp.. aku ngeliat bu bidan pake sarung tangan yang panjangnya hingga ke siku. Ternyata dijemput adalah dia harus merogoh isi perutku dan menarik keluar.
ahh.. okelaah..tidak masalah bagiku.. anakku sudah selamat, sekarang giliranku untuk diselamatkan..
si ibu bilang.. " agak sedikit sakit wid, ditahan ya.."
baiklah yang tersakit juga sudah aku lewati dan bismillah.. " Ya ALLAh sakit ternyata. aku ngebayangin aja, tangan ibu itu masuk dr itu ku dan masuk ke dalam lambungku, lalu dirogoh lah si plasenta dan ditarik keluar... thats so WAW....tapi setelah itu DONE. 
 

26. tahap selanjutnya adalah jahit, ya karena sempat dirobek..

sakit ?? insyallah tidak.. karena aku berpikir, yang tersakit sudah aku khatamin. jadi rasa takut sudah tidak ada. 2x suntikan di paha, 3 di anuku dan jarum jahit yg bentuknya bukannya lurus tapi kayak huruf c. dan benang yang mirip benang nylon, itu tak mengapa.
kekuatanku lebih ketika melihat bayi mungilku yang ada disebelah tempat tidurku,.   Alhamdulillah..jahit ku sudah selsai dan cairan adek bayi sudah bisa disedot.
Skitar jam 11an kami berdua sudah ready. dan ibu bidan sudah kembali istirahat. tinggal lah aku dan perawat serta keluarga dikamar
Tapi aku tidak diperbolehkan tidur. dan bayi ku sudah terlihat lelap di sebelah sana. alhamdulillah...
 

So proses kelahiran baby L adalah 24 jam. terhitung cepat juga untuk anak pertama, karena pengalaman teman2 kontraksi mereka ada yang sampai 2 hari
untuk semua ini aku hanya ingin bersyukur dan bersyukur sama ALLAH.. juga utk doa mama, dan semua, suami yang udah nemenin. ibu bidan dan perawat yang  juga menolong proses kelahiran ini juga bude, pakde yang sudah mendoakan dan menemani mama. perjuangan kalian juga sama sepertiku..empati kita begitu satu..

Waww.... yeahh.. begitulaah sedikit sharing tentang proses persalinan anak pertama saya yang luar biasa..smeua ini hanya untuk berbagi..


setelah semua yang sudah aku lewati untuk calon ibu dan yang lagi nunggu persalinan diluar sana, semangat ... melahirkan tidak se parno yang kalian bayangin..
yang terpenting terus mengingat tuhanmu, berjuang pantang menyerah, dan selalu bersyukur untuk orang2 yang mencintaimu...


Jadi mau nambah baby lagi ?? SIAPA TAKUT ...!!  
Share:

0 comments:

Post a Comment

silahkan berbahasa...